top of page
  • Gaby

Tips Magang di KBRI Singapura

Postingan kali ini beda banget sama artikel aku yang biasanya ngebahas soal skincare. Jadi aku mau cerita sedikit pengalaman magang di KBRI khususnya yang di Singapura beberapa tahun lalu (2017). Buat kamu yang jurusan kuliahnya Hubungan Internasional, International Relation of Communications, dan sejenisnya yang ingin mengikuti program magang di KBRI Singapura scroll sampai bawah ya!

1. Background Story

Saat semester 6 (2017), aku diwajibkan untuk mengikuti program magang sesuai dengan jurusan yang diambil. Sebenarnya jurusanku bukan benar-benar Hubungan Internasional, tapi jurusan Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Hubungan Internasional (International Relations) di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta.


2. Cara Pendaftaran

Aku dapat info ini dari teman sekampus yang sebelumnya sudah mengikuti internship di KBRI Singapura. Tapi kamu juga bisa langsung mendapatkan informasi program magang KBRI dengan menghubungi kontak email Kedutaan/Konsulat yang diingingkan. Kontak emailnya bisa dilihat pada situs web resmi Kementerian Luar Negeri (klik di sini).


Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menanyakan apakah KBRI tersebut membuka program magang dalam waktu dekat. Jika iya, tanyakan juga berapa banyak kuota peserta magang yang diterima pada periode tersebut.


Setelah mendapatkan informasi program magang yang dibuka oleh KBRI, maka selanjutnya kamu perlu mempersiapkan dokumen terkait yaitu:

- CV (Curriculum Vitae)

- Cover Letter

- University Transcript

- Reference Letter from University


Dokumen-dokumen tersebut perlu discan terlebih dahulu untuk dikirim melalui email. Jangan lupa hard copy-nya disimpan dan dibawa ke KBRI ketika kamu sudah diterima.


3. Setelah Diterima

Jika kamu sudah menerima email pemberitahuan telah diterima, maka hal selanjutnya yang perlu disiapkan adalah:

  1. Tempat Tinggal: KBRI Singapura beralamat di Chatsworth Road, Singapore. Maka usahakan untuk mencari tempat tinggal sementara di sekitar area Chatsworth Road agar lebih mudah untuk diakses. Saat magang di sana, aku dan temanku mendapatkan tempat tinggal di area perumahan yang berjarak sekitar 800m - 1000m ke KBRI Singapura. Trotoar di sana sangat aman, jadi kami tinggal jalan kaki ke kantor. Selain itu, Chatsworth Road dekat dengan banyak mall jadi gampang banget untuk mencari makanan. Jika kamu ingin mencari tempat tinggal di area lain, pastikan dulu kamu sudah tahu jalur MRT atau bus untuk ke KBRI agar aksesnya lebih mudah.

  2. Portable Wifi: ini penting banget. Apalagi kalau kamu magangnya berkelompok, bakal lebih hemat dibanding beli kartu perdana Singapura. Tapi tetap harus sedia kartu perdana Singapura juga ya, sebagai cadangan.

  3. Kartu ATM VISA/Mastercard (untuk tarik tunai)

  4. Internship Syllabus dari kampus (jika ada)

  5. Grading Report dari kampus (jika ada)

  6. Working Attire

  7. Batik/Formal Attire

  8. Laptop

  9. Good working spirit!

4. Lain-lain

Saat magang di KBRI Singapura pada tahun 2017, kami diwajibkan untuk membuat weekly report sesuai dengan departemen dimana kami ditugaskan. Nantinya report ini akan direview oleh atasan dari departemen tersebut.


Walaupun program magangnya hanya 1 bulan, tapi aku mendapatkan banyak pengalaman dan kebetulan saat itu ada event besar perayaan hubungan bilateral RI dan Singapura 50 tahun yang disebut Rising 50. Puji Tuhan, aku turut berpartisipasi dalam persiapannya, mulai dari penyambutan Ibu Retno Marsudi - Menteri Luar Negeri hingga Bapak Presiden Joko Widodo. Pengalaman yang luar biasa!


Terima kasih sudah baca blog ini, semoga berguna dan bermanfaat untuk kamu yang sedang berencana magang di KBRI!


NB:

- Dokumen-dokumen yang dibutuhkan bisa saja berbeda sesuai dengan KBRI yang dituju.

- Semua biaya, termasuk tiket pulang pergi ke / dari Singapura, visa, sewa rumah, transportasi, makan, pengeluaran pribadi, dan pengeluaran serupa lainnya akan ditanggung sendiri.

- Magang di Kedutaan Besar Republik Indonesia berdasarkan first-come-first-serve.

- Tulisan ini berdasarkan pengalamanku magang di KBRI Singapura pada tahun 2017, ketentuan bisa saja sudah berubah seiring berjalannya waktu.

0 comments
KODE VOUCHER
bottom of page