• Gaby

REVIEW: The Inkey List Retinol Serum

Retinol memang sudah terbukti sebagai skincare ingredient yang mampu mendorong pembaharuan sel kulit sehingga kulit bisa jadi tampak lebih muda dan mulus. Ada banyak produk skincare yang mengandung retinol di pasaran, mulai dari toner hingga pelembap. Aku sendiri lebih suka yang dalam bentuk serum, dan kali ini aku akan review salah satu serum retinol yang cukup terkenal secara global yaitu The Inkey List Retinol Serum. Langsung aja cek reviewnya di bawah ini:


1. Packaging


Serum Retinol dari The Inkey List ini berada dalam botol tube plastik warna hitam dan putih ukuran 30ml. Tutupnya diputar, lumayan agak pe-er sih pas dibuka karena aku lebih suka produk yang tutupnya flip. Ukuran tubenya gak terlalu besar, lebih mirip kemasan moisturizer daripada serum yang umumnya kita temui di produk-produk lokal. Well, The Inkey List emang punya packaging yang minimalis dan rata-rata rangkaian produknya memiliki packaging yang hampir sama baik dari segi bentuk maupun warna.


2. Texture & How to Apply

Tekstur dari The Inkey List Retinol Serum ini lebih ke gel yang agak sedikit cair dengan warna yang agak kekuningan. Cukup mudah diratakan, namun perlu didiamkan beberapa saat sampai benar-benar meresap lalu bisa dilanjutkan dengan produk skincare-mu yang lain.

Aku gak saranin untuk dipakai setiap hari. Apalagi kalau ini adalah retinol pertama kamu. Kurang lebih pemakaiannya seperti ini:

  1. Bersihkan wajah dari makeup dan kotoran dengan first cleanser dan second cleanser (malam hari saja)

  2. Aplikasikan The Inkey List Retinol Serum seukuran biji jagung di wajah yang sudah bersih dan kering secara merata, untuk area leher biasanya aku tambah lagi setengah dari ukuran biji jagung.

  3. Setelah produk meresap (45-90 detik), aplikasikan moisturizer pada wajah dan leher.

  4. Gunakan serum hanya di malam hari, mulai dari satu kali seminggu lalu lalu tingkatkan seiring berjalannya waktu sesuai dengan reaksi kulitmu.

  5. Selalu gunakan sunscreen di pagi hari karena kulit kita jadi lebih sensitif terhadap sinar UV karena penggunaan retinol.

Kamu juga bisa mencoba beberapa variasi teknik penggunaan retinol seperti metode sandwich dan metode menggabungkan retinol dengan niacinamide.


3. Ingredients & Performance

Full Ingredients:

Water (Aqua/​Eau), Glycerin, Butylene Glycol, Propanediol, Dicaprylyl Carbonate, Dimethicone, Hydroxyethyl Acrylate/​Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Caprylyl Glycol, Phospholipids, Caprylic/​Capric Glycerides, Squalane, Dimethyl Isosorbide, Glycine Soja (Soybean) Extract, Carbomer, Sodium Ascorbate, Tocopherol, Polysorbate 60, Tocopheryl Acetate, Glycolipids, Sodium Hydroxide, Disodium EDTA, Hydroxypinacolone Retinoate 0.05%, Retinol 0.05%, Glycine Soja (Soybean) Sterols, Leuconostoc/​Radish Root Ferment Filtrate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Hyaluronic Acid, Polysorbate 20, Palmitoyl Tetrapeptide-7, Palmitoyl Tripeptide-1, Phenoxyethanol.


Highlights:

  • Tanpa simple alcohol, tanpa fragrance.

  • Kandungan yang memungkinkan kulit untuk menghasilkan sel-sel yang lebih sehat dan lebih muda (cell-communicating ingredients): Hydroxypinacolone Retinoate 0.05%, Retinol 0.05%, Palmitoyl Tetrapeptide-7, Palmitoyl Tripeptide-1

  • Kandungan antioksidan: Sodium Ascorbate, Tocopherol, Tocopheryl Acetate

  • Kandungan yang melembapkan kulit: Glycerin, Butylene Glycol, Propanediol, Caprylyl Glycol, Hyaluronic Acid

Performance

Aku pakai ini udah lumayan lama, walaupun suka bolong-bolong alias kadang gak rutin. Jujur waktu pertama pakai, kulitku agak sedikit "kaget" yang malah bikin jadi merah-merah dan muncul beberapa jerawat baru. Waktu itu aku pakainya langsung tiga kali seminggu tanpa memperhatikan reaksi kulitku. Setelah sadar kalau kulitku bereaksi negatif, aku langsung mengurangi dosis pemakaian jadi 1x seminggu aja.


Dengan rutin menggunakan The Inkey List Retinol Serum 1x seminggu, kulitku mulai terbiasa dan kadang aku tingkatin sampai 2x seminggu. Sampai sekarang, aku tetep stick ke 1-2x pemakaian dalam seminggu.


Efek positif yang benar-benar aku rasakan mungkin baru di bulan ke-tiga, yaitu memudarnya garis halus di smile lines aku. Selain itu, sebagai pemilik kulit yang rentan berjerawat tentunya bekas jerawat dan kulit bertekstur sudah menjadi masalah yang menahun di kulitku. Dan, serum ini lumayan ngebantu untuk menghaluskan tekstur kulit serta memudarkan hiperpigmentasi terutama yang kehitaman (PIH). Biasanya bekas jerawat yang warnanya kehitaman ini lama banget untuk hilang, tapi semenjak rutin pakai The Inkey List Retinol Serum, PIH (Post-inflammatory Hyperpigmentation) aku memudar lebih cepat.


Untuk jerawat, tentu hasilnya akan berbeda-beda di tiap kulit. Tapi, biasanya kalo aku lagi jerawatan kecil-kecil, aku tetap pakai serum ini dan lumayan ngebantu mempercepat siklus jerawatnya hingga matang hingga mengurangi kemerahan. Untuk jerawat besar dan merah, aku gak pakein. Jadi biasanya aku skip area yang berjerawat besar karena akan aku olesin acne spot treatment yang memang fungsinya untuk mengobati jerawat.


Tentunya serum ini bisa bekerja maksimal jika dibantu juga dengan penggunaan skincare lainnya seperti moisturizer sebelum atau/dan sesudah The Inkey List Retinol Serum dan jangan lupa penggunaan sunscreen di pagi dan siang hari (kalau bisa hindari sinar matahari semaksimal mungkin).


Notes: tidak disarankan untuk ibu hamil atau yang sedang menyusui.


4. Price & Where to Buy

Harganya sekitar Rp230.000 di online marketplace. Walaupun The Inkey List belum punya official store di Indonesia, tapi udah banyak kok beauty online store yang menjual produk-produknya. So far, selama ini yang aku percaya dan memang aku juga belinya dari situ adalah di TokoMyBeautyBank. Klik di sini untuk beli produknya di Shopee.


5. Conclusion

I'll give it 4/5, aku cuma kurang sreg sama packaging-nya aja. Selain itu, aku suka semua. Ingredientsnya oke punya, dengan harga 200-an ribu kita udah bisa dapat Hydroxypinacolone Retinoate 0.05%, Retinol 0.05%. Kalau kamu baru mau nyoba-nyoba retinol, The Inkey List ini mungkin masih agak terlalu strong. Tapi tenang aja, bisa diakalin dengan mengurangi dosis pemakaian yaitu 1x seminggu dulu. Hasilnya juga oke banget di kulit, dan tentunya sangat worth it untuk pemakaian jangka panjang.


Untuk kamu yang udah terbiasa pakai retinol/retinoid dengan persentase yang lebih tinggi, mungkin ini terlalu ringan untukmu. Tapi bisa jadi alternatif kalau kamu lagi pengen sesuatu yang mild tapi tetep ada kandungan retinolnya.


Sekian review The Inkey List Retinol Serum dari aku, terima kasih udah baca blog ini dan semoga berguna!

0 comments

Recent Posts

See All
KODE VOUCHER