top of page
  • Gaby

REVIEW: Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 50 vs. UV Moisture Milk SPF 50


Skin Aqua khususnya SPF 50 adalah sunscreen favoritku selama bertahun-tahun dan gak pernah ganti. Walaupun aku suka nyobain merek sunscreen lain, pasti ujung-ujungnya selalu balik ke Skin Aqua. Saat ini, sudah ada 2 jenis varian dari Skin Aqua SPF 50 yaitu Whitening Milk dan Moisture Milk. Kira-kira mana yang paling oke? Yuk, langsung aja cek reviewnya di bawah ini:


1. Packaging

Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 50 vs UV Moisture Milk SPF 50
Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 50 vs UV Moisture Milk SPF 50

Kemasan dari keduanya sama aja, yaitu dalam botol plastik ukuran 40 gram. Yang membedakan adalah warna botolnya, Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 50 berwarna putih sedangkan Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 berwarna biru muda.


2. Price & Where to Buy

Harganya variatif antara Rp40.000 - Rp50.000an. Berikut aku sertakan link pembeliannya:


3. Texture & How to Apply

Tekstur Whitening Milk lebih kental dibanding Moisture Milk yang lumayan cair. Beberapa orang mungkin ada yang merasa kesusahan saat meratakan Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 50 di kulit. Namun, aku sendiri lebih suka dengan tekstur yang dimiliki varian Whitening Milk karena lebih cepat meresap setelah diratakan. Sedangkan Moisture Milk memiliki tekstur yang lebih cair dan butuh beberapa menit hingga benar-benar meresap. Untuk hasil akhir, Whitening Milk lebih matte sedangkan Moisture Milk terasa lebih lembap.


Untuk pemakaiannya, kocok terlebih dahulu lalu keluarkan produk seukuran 2 jari kamu dan oleskan secara merata ke wajah serta leher. Jika kamu terpapar sinar matahari dari jendela, pintu, atau secara langsung di luar rumah, jangan lupa untuk reapply setelah 2-4 jam ya.


4. Ingredients & Performance

Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 50 Full Ingredients:

Aqua (Water), Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butylene Glycol, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Polymethylsilsesquioxane, Cyclopentasiloxane, Tranexamic Acid, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Polysorbate 60, Cetearyl Alcohol, Silica, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Decyl Glucoside, Titanium Dioxide, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Acrylates/​C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Hexylglycerin, Disodium EDTA, Propylene Glycol, Xanthan Gum, Sodium Acetylated Hyaluronate (Acha).

Highlight:

  • Bebas dari simple alcohol, fragrance, dan essential oil.

  • Kandungan yang mencerahkan kulit: Tranexamic Acid.

  • Kandungan yang melindungi kulit dari sinar UV (sebagai sunsreen): Ethylhexyl Methoxycinnamate, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Titanium Dioxide.

  • Kandungan yang melembapkan kulit: Butylene Glycol, Propylene Glycol, Sodium Acetylated Hyaluronate (Acha).

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 Full Ingredients:

Water, Cyclopentasiloxane, Zinc Oxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butylene Glycol, Diethylhexyl Succinate, Polymethylsilsesquioxane, Hydrated Silica, Glycerin, Lauroyl Lysine, Lauryl Peg-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Sodium Hyaluronate, Acrylates Copolymer, Hydrogen Dimethicone, Phenoxyethanol, Triethoxysilylethyl Polydimethylsiloxyethyl Hexyl Dimethicone, Methylparaben, Disodium Edta, Sodium Acetylated Hyaluronate, Hydrolyzed Collagen, Arginine, Bis-Ethylhexyl Hydroxydimethoxy Benzylmalonate.

Highlight:

  • Bebas dari simple alcohol, fragrance, dan essential oil.

  • Kandungan antioksidan: Bis-Ethylhexyl Hydroxydimethoxy Benzylmalonate.

  • Skin-identical ingredients (untuk memperkuat skin barrier): Glycerin, Sodium Hyaluronate, Arginine.

  • Kandungan yang melindungi kulit dari sinar UV (sebagai sunsreen): Zinc Oxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate.

  • Kandungan yang melembapkan kulit: Butylene Glycol, Glycerin, Sodium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Hydrolyzed Collagen.

Seperti yang terlihat pada foto di atas, varian Whitening Milk memberikan sedikit efek cerah pada kulit dibandingkan dengan Moisture Milk. Efek cerah yang diberikan menyatu dengan kulit, jadi bukan kayak white cast gitu.


Perbedaan lainnya, kalau diperhatikan lebih detail, Moisture Milk memberikan efek "blurry" pada kulit sehingga terlihat lebih halus. Hal ini dikarenakan Moisture Milk memiliki banyak ingredients yang berfungsi melembapkan kulit sekaligus memberikan tekstur yang lebih halus.


Walaupun varian Whitening Milk punya hasil akhir yang agak matte, kulitku tetap terasa lembap dan gak kering. Mungkin karena tipe kulitku yang berminyak, jadi tekstur dan hasil akhir dari Whitening Milk lebih cocok di kulitku ketimbang varian Moisture Milk. Keduanya sama-sama ringan di kulit dan water based, jadi gak bakal menyumbat pori-pori.


Perbedaan lain yang mencolok dari kedua produk ini juga terlihat dari kandungan Tranexamic Acid yang dimiliki oleh Whitening Milk dan tidak ada dalam Moisture Milk. Tranexamic Acid sendiri merupakan ingredient yang bisa mencerahkan warna kulit (jika dipakai secara rutin). Jadi, kalau kamu punya concern untuk menyamarkan warna kulit yang tidak merata, maka varian Whitening Milk ini bisa jadi solusinya.


5. Conclusion

I'll give it 5/5 untuk varian Whitening Milk dan 4.5/5 untuk Moisture Milk. Aku ngerasa kulitku yang tipe oily ini lebih cocok dengan Whitening Milk karena lebih cepat meresap di kulit dan lebih matte dibanding Moisture Milk.


Keduanya memang sama-sama memiliki SPF 50, namun secara tekstur dan ingredients menurutku Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 50 cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi - berminyak sedangkan UV Moisture Milk SPF 50 sangat cocok untuk pemilik kulit normal - kering. Meskipun begitu, gak menutup kemungkinan kulit kering pun bisa cocok dengan varian Whitening Milk ataupun sebaliknya. So, feel free untuk coba bereksperimen sendiri di kulitmu.


Terima kasih sudah baca blog ini, semoga berguna!

0 comments
KODE VOUCHER
bottom of page