top of page
  • Gaby

REVIEW: Scarlett Whitening Acne Cream & Brightly Ever After Cream (Day & Night)

Setelah serum Acne dan serum Brightly Ever After yang sangat populer beberapa bulan belakangan kemarin, kini Scarlett hadir dengan produk barunya yaitu Acne Cream Day & Night dan Brightly Ever After. Aku sendiri sangat cocok dan suka dengan serumnya (Review Scarlett Whitening Acne Serum & Brightly Ever After Serum), jadi excited banget pas mau cobain versi cream-nya. Tipe kulitku oily & acne prone, jadi aku sangat picky dalam memilih skincare. Kira-kira cream ini cocok gak ya di kulitku? Simak review singkatnya di bawah ini!


1. Packaging

Keempat produk ini mempunyai packaging yang sama yaitu dalam sebuah jar ukuran 20g. Di dalamnya ada cover tambahan agar produk tidak mudah tumpah, tapi sayang gak ada spatula untuk pengambilan produk. Jadi pastikan tanganmu bersih ya saat mengambil produknya, agar tetap higenis.


Warna masing-masing cream sesuai dengan varian serumnya, yaitu Acne Cream yang dominan ungu sedangkan Brightly Ever After Cream dominan pink.


Scarlett Acne Cream - Day

Full ingredients: Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Pentane-2,3-diol, Cetearyl Alcohol, C13-15 Alkane, Diglycerin, Squalane, Annona Cherimola Fruit Extract, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Butylene Glycol, Dimethicone, Calophyllum Inophyllum Seed Oil, Aloe Barbadensis Leaf, Extract, Ceteareth -33, Phenoxyethanol, C12-15 Alkyl Benzoate, PEG-8, Salicylic Acid, PEG-75 Stearate, Polyacrylate Crosspolymer-6, Glycerin, Steareth -20, Acacia Senegal Gum, Dipropylene Glycol Dibenzoate, DMDM Hydantoin, Aminomethyl Propanol, Pelargonium Graveolens Oil, Caesalpinia Spinosa Gum, Titanium Dioxide, Hydrolyzed Wheat Flour, Ascorbyl Glucoside, Ceteth -20, Ethylhexylglycerin, PPG-15 Stearyl Ether Benzoate, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Rosmarinus Officinalis Leaf Oil, Melaleuca Alternifolia Leaf Oil, 1,2-Hexanediol, Sodium Citrate, Dryopteris Filix-Mas Root Extract, T-Butyl Alcohol, Oleth-10, Polysorbate-60, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Lauroyl Lactylate, Aluminum Hydroxide, Ceratonia Siliqua (Carob) Seed Extract, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Sodium Benzoate, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Citric Acid, 2-Aminobutanol, Sodium Hydroxide Propylene Glycol, Ceramide NP, Simethicone, Ceramide AP, Phytosphingosine, Cholesterol, Xanthan Gum, Carbomer, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil, Acetyl Hexapeptide-8, Ceramide EOP.


Scarlett Acne Cream - Night

Full ingredients: Aqua, 1,3-Propanediol, C13-15 Alkane, Cetearyl Alcohol, Sclerocarya Birrea, Niacinamide, Ethyl Macadamiate, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Water, Squalane, Annona Cherimola Fruit Extract, Dimethicone, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Phenoxyethanol, PEG-8, Butylene Glycol, Glycerin, Salicylic Acid, Ceteareth -33, Polyacrylate Crosspolymer-6, PEG-75 Stearate, Cetearyl Glucoside, Dimethyl Hydantoin, Disodium EDTA, Steareth -20, Aminomethyl Propanol, Pelargonium Graveolens Oil, Acacia Senegal Gum, Caesalpinia Spinosa Gum, Ascorbyl Glucoside, Ethylhexylglycerin, Ethanol, Ceteth -20, Camellia Sinensis Leaf Extract, Angelica Gigas Extract, Lavandula Angustifolia (Lavender) oil, Rosmarinus Officinalis Leaf OiL, Melaleuca Alternifolia Leaf Oil, Nelumbo Nucifera Leaf Extract, Psidium Guajava Leaf Extract, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Sodium Citrate, Sodium Lauroyl Lactylate, T-Butyl Alcohol, Dryopteris Filix-Mas Root Extract, Mastic Gum, Lecithin, Glucose, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Ceratonia Siliqua (Carob) Seed Extract, Sodium Benzoate, Propylene Glycol, Citric Acid, Tocopherol, Ceramide NP, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Malic Acid, Ceramide AP, Phytosphingosine, Cholesterol, Xanthan Gum, Carbomer, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil, Acetyl Hexapeptide-8, Ceramide EOP


Scarlett Brightly Ever After Cream - Day

Full ingredients: Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Squalane, Niacinamide, C13-15 Alkane, Cetearyl Alcohol, Propanediol, Glycerin, C12-15 Alkyl Benzoate, Dimethicone, Rosa Canina Seed Extract ,Annona Cherimola Fruit Extract, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Phenoxyethanol, Ceteareth -33, Titanium Dioxide, Dipropylene Glycol Dibenzoate, Butylene Glycol, PEG-23 Stearate, DMDM Hydantoin, Polyacrylate Crosspolymer -6, Boswellia Serrata Oil, Steareth - 20, Caesalpinia Spinosa Gum, PPG-15 Stearyl Ether Benzoate, Ascorbyl Glucoside, Ethylhexylglycerin, Ethanol, Ceteth -20, Oleth -10, Polysorbate-60, Glutathione, Caulerpa Lentillifera Extract, Aminomethyl Propanol, Pelargonium Graveolens Oil, Citrus Limon Peel Oil, Aluminum Hydroxide, Sodium Citrate, Cystoseira Tamariscifolia Extract, Sodium Benzoate, Triethoxycaprylylsılane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Mastic Gum, Lecithin, T-Butyl Alcohol, Ceratonia Siliqua (Carob) Seed Extract, Dryopteris Filix-Mas Root Extract, Simethicone. Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Citric Acid, Acetyl Hexapeptide-8, 2-Amino-1-Butanol.


Scarlett Brightly Ever After Cream - Night

Full ingredients: Aqua, Niacinamide, C13-15 Alkane, Squalane, Cetearyl Alcohol, Dimethicone, Glycerin, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Rosa Canina Seed Extract, Isopentyldiol, Annona Cherimola Fruit Extract, Ceteareth -33, 2-Phenoxyethanol, PEG-23 Stearate, Polyacrylate Crosspolymer-6, DMDM Hydantoin, Butylene Glycol, Steareth-20, Boswellia Serrata Oil, Caesalpinia Spinosa Gum, Ascorbyl Glucoside, Ethylhexylglycerin, Ethanol, Ceteth - 20, Glutathione, Titanium Dioxide, 1,2-Hexanediol, Caulerpa Lentillifera Extract, Pelargonium Graveolens Oil, Citrus Limon Peel Oil, Sodium Lactate, Sodium PCA, Aminomethyl Propanol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, Canavalia Gladiata Seed Extract, Glycine Soja (Soybean) Seed Extract, Lens Esculenta (Lentil) Seed Extract, Ceratonia Siliqua (Carob) Seed Extract, Pueraria Lobata Root Extract, Lactobacillus Ferment Lysate, Sodium Citrate, T-Butyl Alcohol, Sodium Benzoate, Mastic Gum, Lecithin, Kappaphycus Alvarezii Extract, Oleth-10, Polysorbate-60, Ceratonia Siliqua (Carob) Seed Extract, Citric Acid, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Lactic Acid, Simethicone, Acetyl Hexapeptide-8, Glycine, Fructose, 2-Aminobutanol, Urea, Inositol.


2. Price & Where to Buy

Harga per produk adalah Rp75.000, bisa kamu dapatkan langsung dengan order melalui WhatsApp ke 0877-0035-3000, Line @scarlett_whitening, atau bisa juga melalui official shop Scarlett Whitening yang ada di Shopee dengan mengklik link berikut ini:


3. Texture & How to Apply

Tekstur keempat produk ini kurang lebih hampir sama, creamnya berwarna putih dan cukup mudah diratakan. Karena produk ini bekerja sebagai pelembap, jadi diapply di urutan terakhir dari rangkaian skincare dan ditutup dengan sunscreen di pagi/siang hari.


4. Performance

Scarlett Acne Cream - Day

Cream ini bekerja dengan baik sebagai pelembap, mengandung beberapa bahan oklusif yang bekerja optimal untuk mengunci kelembapan di kulit. Sebagai pemilik kulit berminyak, menurutku oklusifnya masih pas dan gak begitu berat. Teksturnya lebih ringan dibandingkan yang varian Scarlett Acne Cream - Night, jadi tetap terasa nyaman ketika dipakai di pagi/siang hari.


Kalau kamu punya jerawat aktif, cream ini bisa jadi pilihan yang tepat sebagai pelembap di siang hari. Selain teksturnya yang ringan, Scarlett Acne Cream - Day ini juga mengandung beberapa bahan yang bisa menenangkan jerawat (terutama yang sedang meradang). Cream ini bukan tipikal produk yang akan mengeringkan jerawat, tetapi bekerja dengan cara melembapkan kulit untuk mengembalikan kesehatan skin barrier sehingga kulit bisa mengatasi berbagai macam masalahnya sendiri, termasuk jerawat.


Produk ini mengklaim mengandung Double Action Salicylic Acid, Natural Squalane, Hexapeptide-8, Natural Vit-C, Triceramide, dan Aqua Peptide Glow. Namun, menurutku dari beberapa klaim tersebut, yang paling efektif adalah kandungan Squalanenya, karena terletak di bagian awal ingredients list dan sebelum Phenoxyethanol, jadi persentase dan jumlahnya bisa dipastikan cukup tinggi. Kalau kamu bingung kenapa aku jadiin Phenoxyethanol sebagai patokan, bisa cek di postingan aku Tips Mudah Cek Ingredients Produk Skincare. Squalane ini berkerja sebagai pelembap yang sangat baik karena bisa melembapkan kulit tanpa terasa berat dan berminyak, hebatnya lagi bahan ini tetap cocok untuk kulit yang berminyak dan rentan berjerawat bahkan juga cocok untuk kulit yang memiliki fungal acne. Gak lupa, produk ini juga mengandung BHA yang berfungsi untuk mengurangi jerawat.


Day Cream ini sebenarnya sudah mengandung bahan sunscreen, tapi menurutku masih belum cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jadi tetap harus pakai sunscreen biasa untuk mendapatkan perlindungan maksimal.


Scarlett Acne Cream - Night

Cream ini menurutku sedikit lebih oklusif dibanding Day Creamnya. Biasanya, kulit kita memang butuh pelembap yang lebih extra di malam hari dan cream ini memberikan kelembapan yang cukup extra bagiku. Kalau kita lihat di ingredient listnya, kandungan utamanya adalah Niacinamide & Tea Tree Water. Kedua bahan ini bekerja efektif untuk mengatasi jerawat serta mampu mencerahkan kulit. Sebagai pemilik kulit acne-prone, aku emang sudah gak asing sama kedua bahan ini.


Tapi, aku heran kenapa Niacinamide & Tea Tree Water tidak masuk ke dalam klaim ingredients yang dihighlight oleh Scarlett Acne Cream - Night. Padahal posisinya ada di bagian awal ingredients list. Selain 2 kandungan tadi, cream ini juga mengandung BHA seperti Day Creamnya untuk mengatasi jerawat.


Kedua Scarlet Acne Day & Night Cream ini membantu jerawatku menjadi cepat matang (dari merah lalu ke putih), sehingga proses penyembuhannya juga jadi lebih cepat dibanding kalau aku gak pakai.


Scarlett Brightly Ever After Cream - Day

Lanjut ke cream untuk mencerahkan wajah, yaitu Scarlett Brightly Ever After Cream - Day. Aku saranin kalau kamu masih punya jerawat aktif yang cukup banyak, coba fokus dulu untuk menghilangkan jerawatnya dan bisa pakai Scarlett Acne Cream. Jika jerawatmu sudah relatif teratasi dan tinggal bekasnya saja, maka bisa lanjut untuk memakai Brightly Ever After Cream ini.


Mengandung Niacianamide, Ascorbyl Glucoside, dan Cystoseira TamariscIfolia Extract yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Hanya saja yang paling besar kandungannya dalam produk ini adalah Niacinamide, sesuai dengan klaimnya. Sedangkan untuk klaim kandungan yang lain, persentasenya cukup kecil sehingga kita gak bisa berharap banyak. Namun, mengingat ini adalah pelembap yang akan dipakai sehari-hari jadi ya wajar aja kalau persentase kandungan bahan aktifnya gak bisa terlalu tinggi agar lebih aman kalau dipakai secara terus menerus. Ini berarti, kita pun juga harus sabar dalam menunggu hasilnya. Ingat, skincare itu adalah rutinitas yang dibangun secara berkala.


Sama seperti Day Cream dari Scarlett Acne Cream, Day Cream Brightly Ever After ini juga mengandung bahan sunscreen. Hanya saja kandungannya kecil, dan memang tidak diciptakan khusus sebagai sunscreen jadi tetap harus pakai sunscreen biasa ya setelah memakai cream ini.


Scarlett Brightly Ever After Cream - Night

Bahan untuk mencerahkan kulitnya kurang lebih hampir sama dengan Day Cream di atas, yaitu ada Niacianamide dan Ascorbyl Glucoside. Yang membedakannya adalah Glycine Soja Seed Extract (Soybean Extract). Mungkin kamu sering dengar kalau mengonsumsi susu kedelai itu bisa bikin kulit putih, nah cream ini mengandung extract kedelai tersebut. Selain bisa mencerahkan kulit, kandungan kedelai ini juga bisa mengencangkan kulit, lho. Tapi aku bingung kenapa ini gak dihighlight sama Scarlett, padahal ingredient ini menurutku patut dihighlight.


Untuk efek lembap yang diberikan menurutku lumayan pas dipakai di malam hari. Pas bangun di pagi hari bikin muka jadi keliatan lebih glowing, cuma untuk kulit yang oily kayaknya kurang bisa nahan minyak sih.


Kedua Scarlett Brightly Ever After Day & Night Cream memberikan kelembapan yang pas untuk kulitku, kemampuan mencerahkannya lumayan tapi untuk memudarkan bekas jerawat yang kemerahan maupun kehitaman perlu butuh waktu yang lebih lama sampai benar-benar terlihat.


Keempat cream ini memang mengandung Hexapeptide-8 yang berfungsi sebagai anti-aging untuk mengencangkan kulit, walaupun kandungannya kecil tapi menurutku cukup oke sebagai langkah awal untuk mencegah penuaan dini.


Untuk kamu yang cukup concern dengan fragrance & simple alcohol, keempat cream ini masih mengandung bahan tersebut namun dalam jumlah kecil karena rata-rata terletak di bagian akhir dari ingredient list sehingga kandungannya kecil sekali. Tapi biar lebih aman, coba test patch dulu di kulit bawah telinga untuk memastikan kulitmu cocok dengan produk ini.


5. Conclusion

Overall, menurutku Scarlett Whitening Acne Cream & Brightly Ever After Cream adalah jenis pelembap yang menargetkan suatu masalah kulit tertentu. Jadi bukan tipe pelembap yang memiliki kandungan yang simple, kelihatan dari ingredientsnya yang mengandung banyak bahan aktif untuk mengatasi jerawat, mencerahkan wajah, hingga mengencangkan wajah. Tinggal disesuaikan aja dengan kebutuhan kulitmu saat ini, kalau kamu lagi jerawatan berarti bisa coba Scarlett Whitening Acne Cream (kemasan ungu) sedangkan untuk mencerahkan kulit atau memudarkan bekas jerawat bisa mencoba Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream (kemasan pink). Jadi kira-kira kamu mau coba yang mana nih?


Terima kasih sudah baca blog ini, semoga berguna!



*Postingan ini disponsori oleh Scarlett Whitening, akan tetapi review (ulasan) produk sepenuhnya jujur berdasarkan pengalamanku selama mencoba produk.*


0 comments
KODE VOUCHER
bottom of page