• Gaby

Review: Pengalaman Scaling Gigi di Rata

Selain kulit, hal yang sering terlihat di wajah ialah gigi. Oleh karena itu kita juga harus memperhatikan kesehatan dan kecantikan gigi. Jadi skincare aja gak cukup! Nah, kalau untuk perawatan gigi seperti scaling gigi itu wajib dilakukan minimal 6 bulan sekali agar gigi sehat dan bersih. Kali ini aku mau sharing review pengalaman aku scaling gigi Rata. Kira-kira worth to try gak ya? Dan treatment gigi apa saja yang ada di Rata.id? Simak penjelasannya di bawah ini!


Scaling Gigi di Rata.id


2 minggu lalu aku scaling gigi di salah satu klinik Rata.id yang berlokasi di PURE Dental Aesthetic - Wh, Jl. KH. Wahid Hasyim No.47, RT.1/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350. Saat itu aku ditangani oleh drg. Sharlen. Dokternya baik banget dan ramah. Sebelum tindakan scaling dimulai, aku diberikan APD standar dan juga obat kumur untuk membuang bakteri yang ada di mulut. Selain itu, dokter dan perawatnya juga menggunakan APD lengkap. Jadi, gak perlu khawatir ya guys karena di Rata.id protokol kesehatannya terjamin.

Tindakan scaling-nya cuma sekitar 15-30 menit, padahal karang gigiku lumayan banyak soalnya terakhir scaling itu tahun lalu 😅. Alat yang dipakai sudah menggunakan teknologi yang cukup advanced, karena sudah sekaligus dengan polishing. Biasanya, scaling gigi itu terdiri dari 2 tindakan, yang pertama yaitu scaling untuk membuang tumpukan karang dan noda pada gigi. Yang kedua yaitu polishing atau proses penghalusan gigi karena tindakan pembersihan karang gigi dapat membuat gigi menjadi kasar. Aku pernah punya pengalaman scaling gigi doang dan tanpa di-polishing, yang meninggalkan tekstur kasar dan bahkan tajam di gigiku. Alhasil, gusiku jadi gampang berdarah karena bergesekan dengan ujung dan tepi gigi yang kasar/tajam. Untungnya scaling gigi di Rata.id gak seperti itu, tindakan scalingnya gak bikin gigiku jadi tajam malah terasa halus banget.


Setelah scaling, aku diberikan obat kumur yang berfungsi untuk membuang sisa bakteri dan kotoran dari mulut dan menghentikan pendarahan pada gusi. Gigiku terasa jauh lebih bersih dan tentunya lebih sehat. So, bukan hanya mendapatkan manfaat kesehatan tapi juga membantu kita tampak lebih cantik karena kotoran dan karang gigi yang seringkali juga memberi warna kekuningan di gigi jadi hilang!


Rata Aligner


Oh ya, Rata.id ini sudah terkenal dengan produk aligner-nya. Aligner Rata merupakan solusi praktis meratakan gigi tanpa perlu memakai behel. Materialnya menggunakan plastik medical grade berwarna bening dan BPA free. Teksturnya lentur dan memiliki ukuran yang disesuaikan dengan ukuran gigi penggunanya. Kelebihan alat ini adalah tidak mengganggu proses mengunyah dan menggigit makanan karena aligner bisa dilepas pada saat makan dan minum.


Cara memasang Aligner mudah banget, bisa dilihat di bawah ini ya:

  1. Pertama-tama, tentukan mana aligner gigi yang akan dipasang di bagian rahang atas dan mana aligner yang harus dipasang di rahang bawah.

  2. Setelah kamu sudah bisa membedakannya, masukkan aligner permukaan gigi, lalu tekan bagian tengah dan samping aligner hingga terdengar bunyi “klik”. Bunyi klik tersebut menandakan bahwa aligner sudah terpasang sempurna

  3. Jika gigi kamu berjejal berat, pasang aligner dari sisi yang berjejal dulu, lalu ke sisi yang rapi supaya lebih mudah

  4. Lakukan cara yang sama pada gigi satunya

  5. Setelah terpasang, gunakan chewies untuk membantu memastikan aligner terpasang sempurna

  6. Gigit-gigit chewies dengan menggunakan seluruh bagian gigi (depan, tengah, belakang) yang sudah terpasang aligner

Cara melepas Aligner

  1. Bukalah aligner gigi dari salah satu bagian terlebih dahulu, mulai dari sisi belakang, tengah depan, lalu bagian sisi belakang yang satu lagi

  2. Pastikan kamu membuka aligner gigi dengan jari bukan dengan kuku. Hal ini karena kuku yang panjang merupakan salah satu penyebab gusi kamu terluka dan berdarah

Di bawah ini adalah salah satu contoh hasil pemakaian Rata Clear Aligner:

Rata Clear Aligner ini sudah memiliki izin edar dari Kementrian Kesehatan ya guys, jadi pastinya aman!


Nah, gimana kamu tertarik untuk memakai Rata Aligner? Bisa dimulai dengan konsultasi online dulu lalu cetak aligner gigi kamu dengan dipandu oleh dokter gigi Rata!


Sekian review pengalaman aku scaling gigi di Rata. Terima kasih sudah baca blog ini, semoga berguna!



Postingan ini merupakan bentuk kerja sama dengan Rata, akan tetapi review (ulasan) sepenuhnya jujur berdasarkan pengalamanku berkunjung ke Rata.

0 comments

Recent Posts

See All
KODE VOUCHER