• Gaby

REVIEW: Airnderm Aesthetic Hydrating Primer Toner & Hydrating Nourishing Sheet Mask


Wajib pakai masker selama pandemi membuat kulitku jadi gampang iritasi dan jerawatan. Gak jarang setelah seharian pakai masker, kulitku jadi merah-merah akibat bergesekan dengan masker. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memakai produk skincare yang bisa menenangkan sekaligus melembapkan kulitku. Airnderm Hydrating Primer Toner & Hydrating Nourishing Sheet Mask adalah beberapa produk yang aku gunakan untuk mengatasi masalah kulitku selama pandemi akibat penggunaan masker medis/kain. Scroll sampai bawah untuk tahu review lengkapnya!


1. Overall Review

Airnderm Hydrating Toner

Full Ingredients: Aqua, Propanediol, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Butylene Glycol, Panax Ginseng Root Extract, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Xanthan Gum.

Highlights:

  • Bebas dari simple alcohol, fragrance & essential oil.

  • Antioksidan: Panax Ginseng Root Extract.

  • Skin-identical ingredients: Sodium Hyaluronate.

  • Soothing: Aloe Barbadensis Leaf Extract.

Airnderm Aesthetic Hydrating Toner adalah tipe toner yang simple namun efektif untuk melembapkan dan menenangkan kulit. Ingredientsnya gak macem-macem dan relatif aman untuk semua jenis kulit bahkan kulit sensitif sekalipun. Gak mengandung simple alcohol, fragrance, ataupun essential oil yang biasanya bisa mengiritasi kulit pada orang-orang tertentu.

Packagingnya juga oke banget, sekilas botolnya terlihat seperti botol kaca tapi pas dipegang terasa ringan banget karena bukan kaca, semacam plastik tapi lebih tebal gitu. Selain itu, tutupnya juga dilengkapi dengan penutup tambahan pada lubang sehingga produknya gak gampang tumpah. Oh ya, produknya juga gampang dikontrol saat dikeluarin, alhasil gak bakal boros. Mungkin udah ada brand lain yang punya packaging seperti ini, tapi aku pribadi baru pertama kali nemuin kemasan sebagus ini. Sangat travel friendly, karena botolnya ringan dan gak akan mudah tumpah.


Airnderm Hydrating Toner lumayan cepat meresap di kulit dan hasil akhirnya cukup lembap. Bukan tipe lembap yang lengket atau licin, jadi pemilik kulit berminyak sepertiku pasti akan suka sama toner ini. Teksturnya gak terlalu cair seperti air, agak kental dikit tapi masih terasa ringan kok di wajah. Selama pandemi, aku sering banget pakai masker medis ataupun kain yang menyebabkan kulitku jading sering merah-merah, iritasi, bahkan jerawatan. Jadi aku butuh toner ringan yang bisa menenangkan kulit sekaligus membantu memperbaiki skin barrierku agar semakin kuat walaupun sering bergesekan dengan masker.


Toner ini lumayan membantu untuk melembapkan kulitku dan mempersiapkan kulit untuk skincare selanjutnya agar lebih mudah meresap. Untuk efek lain seperti mencerahkan atau mengurangi jerawat sih aku belum ngerasain, tapi toner ini memang gak menjanjikan apa-apa selain melembapkan dan menghidrasi kulit, which is menurutku udah cukup. Sebuah toner memang harusnya gak usah macem-macem, kalau kamu butuh treatment khusus mungkin bisa tambahkan serum atau ampoule yang memiliki active ingredient untuk menyasar masalah kulit tertentu. Airnderm Hydrating Toner ini adalah hydrating toner ya, bukan exfoliating toner. Bisa dipakai setelah kamu menggunakan exfoliating toner atau sebagai skin prep untuk mempersiapkan kulit agar produk skincare selanjutnya dapat meresap maksimal.


Airnderm Aesthetic Hydrating Nourishing Sheet Mask

Full Ingredients: Cellulose, Aqua, Butylene Glycol, Glyceryl Stearate SE, PEG-100 Stearate, Aloe Vera leaf Extract, Chamomile (Anthemisnobilis) Extract, Squalane, Xanthan Gum, Cyclopentasiloxane, Sodium PCA, DMDM Hydantoin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Cyclohexasiloxane, Sodium Hyaluronate.

Highlights:

  • Bebas dari simple alcohol, fragrance & essential oil.

  • Antioksidan: Chamomile (Anthemisnobilis) Extract.

  • Skin-identical ingredients: Squalane, Sodium PCA, Sodium Hyaluronate.

  • Soothing: Aloe Vera leaf Extract, Chamomile (Anthemisnobilis) Extract.

Sebenarnya aku bukan penggemar sheet mask, tapi kali ini aku lumayan suka sama Airnderm Hydrating Nourishing Sheet Mask. Seperti yang aku sebutkan di atas, karena sering memakai masker kain/medis kulitku jadi gampang iritasi. Setelah seharian memakai masker, malamnya ketika menggunakan Airnderm Hydrating Nourishing Sheet Mask kulitku jadi berasa enak banget, kemerahannya jadi kalem dan jadi lebih lembap. Kandungan Chamomile Extract pada sheet mask ini berfungsi untuk mengurangi inflamasi yang terjadi pada kulit baik itu karena iritasi ataupun jerawat. Selain itu, kandungan Aloe Vera-nya memberikan kelembapan di kulitku yang 'stress' karena tertutup dan bergesekkan dengan masker seharian.

Tisu-nya lumayan tebal dan serumnya menyerap maksimal pada tisu sehingga gak ada produk yang tertinggal. Sayangnya, sama seperti sheet mask lain, ukuran Airnderm Hydrating Nourishing Sheet Mask belum begitu pas di kulitku. Ya mungkin karena ukuran wajahku yang lumayan lebar 🤣, jadi pengaplikasian sheet mask-nya juga kurang pas hehehe.


2. How to Apply

Untuk Airnderm Hydrating Toner aku pakai di pagi & malam hari dan bisa dipakai setiap hari, sedangkan untuk Airnderm Hydrating Nourishing Sheet Mask aku pakai hanya di malam hari dan gak setiap hari (1-2x seminggu).


Kurang lebih urutan pemakaiannya seperti ini:

  1. Bersihkan wajah dengan facewash (jangan lupa lakukan double cleansing di malam hari).

  2. Tuangkan Airnderm Hydrating Toner ke tangan secukupnya dan aplikasikan ke wajah, tap-tap perlahan hingga meresap.

  3. Lanjutkan dengan Airnderm Hydrating Nourishing Sheet Mask, biasanya aku simpan dulu di kulkas minimal 3 jam sebelum agar sensasi soothingnya lebih maksimal. Diamkan sheet mask 20-40 menit hingga sheet mask agak kering.

  4. Angkat sheet mask dan pijat sisa serum yang ada di wajah hingga meresap.

  5. Lanjutkan dengan moisturizer untuk mengunci kelembapan.

3. Price & Where to Buy

Airnderm Hydrating Toner dijual dengan harga Rp100.000 dan Airnderm Hydrating Nourishing Sheet Mask dijual seharga Rp28.900. Kedua produk ini bisa kamu dapatkan secara online melalui official web-commerce Airnderm atau official store-nya yang ada di online marketplace. Linknya aku sertakan di bawah ini, silakan pilih sesuai platform favoritmu:

Overall aku suka dengan kedua produk dari Airnderm ini, baik itu dari segi packaging maupun performa. Sebenarnya Airnderm juga punya klinik loh, jadi kamu bisa sekalian konsultasi kalau punya masalah kulit yang butuh penanganan profesional. Gimana, tertarik untuk mencoba?

*Postingan ini disponsori oleh Airnderm, akan tetapi review (ulasan) produk sepenuhnya jujur berdasarkan pengalamanku selama mencoba produk.*





KODE VOUCHER