• Gaby

Basic Skincare Untuk Remaja dan Pemula

Baru mau mulai skincare-an dan bingung mau dari mana? Di postingan kali ini aku mau share mengenai basic skincare yang simple untuk remaja atau kamu yang baru mulai skincare-an sekaligus beberapa saran produk. Karena untuk remaja dan pemula, jadi semua produk yang aku saranin disini harganya di bawah Rp150.000 ya. Tapi kalau kamu punya uang lebih, feel free untuk mencoba produk skincare yang lebih mahal dari produk-produk ini.

Basic skincare yang aku anut memiliki 3 step, yaitu Cleansing (membersihkan), Moisturizing (melembapkan), dan Protecting (melindungi dari paparan sinar matahari). Lebih lengkap mengenai basic skincare bisa dibaca di link ini.


Bioderma Sensibio H2O (Rp148.000)

Sering dengar Double Cleansing? Double Cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan 2 tahap (First Cleanser dan Second Cleanser) yang biasa dilakukan di malam hari. Micellar Water yang merupakan salah satu contoh First Cleanser, memiliki molekul air dan minyak yang mampu mengangkat partikel kotoran serta minyak di wajah. Cukup tuangkan produk secukupnya ke kapas lalu usapkan di wajah secara perlahan sampai makeup dan kotoran terangkat.


Sebenarnya semua Micellar Water hampir sama aja, tapi sejauh ini menurutku Micellar Water terbaik adalah Bioderma Sensibio H2O. Bisa dibilang, ini adalah Micellar Water pertama di dunia dan pertama (yang masuk) di Indonesia. Keunggulan Bioderma Sensibio H2O dari merek lain adalah micro-dropletsnya yang ampuh mengangkat semua sisa makeup, debu, kotoran, hingga minyak berlebih di wajah dengan lembut tanpa merusak lapisan alami pelindung kulit. Teknologi ini secara khusus dikembangkan oleh NAOS Research di laboratorium Bioderma. Harganya emang agak sedikit pricey yaitu Rp148.000 untuk ukuran 100ml. Tapi worth-it kok, percaya deh. Bahan-bahannya juga aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif dan kulit yang sedang berjerawat.


(Baca juga: Review Ariul Smooth & Pure Double Cleansing Kit)


Kamu juga bisa coba Micellar Water dari brand lain, yang penting selalu usahakan untuk menggunakannya di malam hari atau sehabis beraktifitas di luar rumah. Micellar Water lebih praktis digunakan ketimbang First Cleanser lain seperti Cleansing Oil/Balm/Milk karena tidak perlu dibilas, jadi ini sangat cocok untuk kamu yang masih remaja atau pemula, aku juga sampai sekarang masih selalu nyetok Micellar Water.


BIYU Pure Glow Cleanser (Rp79.000)

Setelah First Cleanser dengan Micellar Water, dilanjutkan dengan Second Cleanser yaitu Face Wash. Cleanser dari BIYU ini sangat lembut, tidak mengandung Alkohol, SLS/SLES yang berpotensi membuat kulit kering. Ingat ya, usahakan untuk menggunakan pembersih wajah ataupun sabun cuci muka yang tidak membuat kulit terasa kering atau seperti tertarik setelah mencuci muka. Dengan menggunakan sabun cuci muka yang lembut, minyak baik yang ada di wajah tidak akan ikut terangkat bersama kotoran sehingga kulit kita tetap lembap. Oh ya, untuk pagi gak perlu Double Cleansing. Cukup dengan Face Wash aja untuk membersihkan minyak di wajah dan sisa skincare dari malam hari.


ElsheSkin Hydrating Moisturizer Cream (Rp87.000)

ElsheSkin Hydrating Moisturizer Cream ini menurutku pas banget buat kamu yang lagi mencari pelembap basic, kandungannya gak macam-macam dan murni untuk melembapkan kulit. Pemakaiannya tinggal disesuaikan aja dengan jenis kulit. Kalau kulitmu cenderung berminyak, cukup pakai krim ini secukupnya tapi kalau cenderung kering pakainya agak banyak.


Kalau Cleansernya udah bagus, bisa membersihkan wajah dengan baik tanpa membuang kelembapan alami di kulit dan memiliki pH nya seimbang, maka sebenarnya gak perlu pakai Toner. Fungsi toner pada umumnya hanya untuk mengembalikan pH kulit yang berubah setelah mencuci muka karena sabun cuci muka memiliki pH yang berbeda dengan kulit. Tapi, sekarang rata-rata brand mengeluarkan Face Wash yang pHnya sudah sesuai dengan pH kulit. Tapi kalau kamu mau menambah hidrasi ke kulit ya sah-sah aja untuk menggunakan Toner. Atau, kalau emang Toner itu mengandung bahan aktif yang dibutuhkan kulit seperti Exfoliating Toner yang mengandung AHA/BHA itu juga sangat baik untuk digunakan secara rutin.


Moisturizer/Pelembap dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit kita, agar kadar air dan minyaknya seimbang. Jika kulit memiliki kelembapan yang terjaga, tentunya akan memperkuat skin barrier atau lapisan kulit terluar kita sehingga mampu menangkal berbagai macam faktor yang memicu kerusakan pada kulit. Seperti sinar UVA/UVB, debu, polusi, dan bakteri. So, mau kulitmu tipenya berminyak, kering, atau kombinasi, kelembapan kulit tetap harus terjaga ya. Tinggal disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing agar kelembapannya tidak kurang ataupun lebih.


Tips: Segera oleskan pelembap saat kulit masih basah setelah mencuci muka untuk mencegah TEWL (Transepidermal Water Loss) atau proses hilangnya air pada kulit melalui penguapan.


Loreal UV Perfect Super Aqua Essence (Rp99.000) / Skin Aqua Moisture Gel SPF 30 PA ++ (Rp47.000)

Sunscreen adalah skincare yang paling penting menurutku. Bukan cuma dari remaja, bahkan dari masih kecil pun kalau bisa udah dipakein Sunscreen. I wish I knew sunscreen since younger. Foto di bawah ini adalah contoh dari dampak sinar UV. Dalam foto ini, ditunjukkan wajah seorang wanita berusia 69 tahun yang setengah wajahnya tampak lebih tua karena selama bekerja 28 tahun sebagai supir truk. Dimana sisi kiri wajahnya selalu terpapar sinar matahari melalui kaca mobil.

Sumber foto: Metro.co.uk dari New England Journal of Medicine

Tentunya kita gak mau kulit kita keburu rusak saat tua nanti karena malas pakai Sunscreen. Makanya selagi kita bisa mencegah, ya why not. Percuma pakai serum ini itu, krim macam-macam, tapi kalau gak pakai Sunscreen semuanya akan sia-sia. Jadi, kalau kamu mau skincaremu bekerja maksimal, usahakan setiap hari selalu pakai Sunscreen ya.


Loreal UV Perfect Aqua Essence SPF50 PA++++ ini enak banget dipakai di wajah, gak berasa berat sama sekali. Teksturnya ringan dan gak menimbulkan white cast. Tapi masih mengandung Alkohol, di beberapa orang kandungan ini bisa membuat kulit menjadi kering hingga breakout. Di aku sendiri sih gak menimbulkan jerawat, tapi memang membuat kulitku terasa kering.


Sunscreen lain yang aku suka dan menurutku cocok untuk remaja adalah Skin Aqua Moisture Gel SPF 30 PA ++. Sunscreen ini juga ringan, gak mengandung Alkohol jadi gak bikin kulit terasa kering malah bikin kulit jadi lembap, tapi tetap gak minyakan loh. Dari dulu aku pakai ini sampai sekarang masih tetap aku pakai. Walaupun SPF nya 30, produk ini tetap ampuh untuk ngelindungi kulitku dari paparan sinar UV. Terbukti waktu aku ke Bali, panas-panasan 3 hari tapi kulit mukaku sama sekali gak gosong. Padahal aku gak reapply.


Oke, itu aja saran basic skincare untuk remaja dan pemula dari aku. Terima kasih sudah baca blog ini, semoga berguna!

KODE VOUCHER

BLOG VISIT

©2018 - 2020 by Gaby

gabyybombang@gmail.com, Indonesia

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now