• Gaby

Skincare 101 - Pertolongan Pertama pada Jerawat (Combination - Oily, Acne Prone Skin)


Aku juga seorang acne fighter dan saat ini kondisi wajahku sudah jauh lebih baik. Walaupun kadang jerawat masih bermunculan karena tipe kulitku yang acne-prone, tapi karena aku sudah mengenali kulitku dan menggunakan skincare yang tepat (tidak berlebihan maupun kurang) jerawatku jadi lebih terkontrol. Berikut beberapa tips yang selama ini aku lakukan dan menjadi life changing yang membantuku bebas dari jerawat:

1. Cleansing

Saat berjerawat, kita harus memperhatikan kebersihan kulit wajah. Selalu double cleansing di malam hari, jangan cuma pakai facial wash. First cleansing bisa pakai micellar water, cleansing oil, atau yang balm. Aku pribadi nggak nyaranin untuk pakai makeup remover yang dalam bentuk tissue basah karena akan sangat abrasive dan bisa bikin iritasi. Kalau pakai micellar water, usahain saat pengaplikasian menggunakan kapas, jangan digesek terlalu keras. Usap lembut aja, jangan sampai jerawat kamu makin parah karena tergesek kapas terlalu kencang.

Kalau pakai cleansing oil/balm, pijat lembut dan jangan lupa setelah itu dibilas dulu baru lanjut ke facial wash.

Produk yang aku saranin, mudah ditemukan di toko offline maupun online:

- First Cleanser

Biore Cleansing Oil

Garnier Micellar Water

- Second Cleanser

Clean n Clear Active Clear Acne

Hada Labo Tamagohada Mild Peeling

2. Moisturizing

Kulit membutuhkan kelembapan dari air dan minyak yang seimbang agar menjadi kulit yang sehat. Kalau kulit kekurangan air maka akan menjadi dehidrasi, jika kulit kekurangan minyak maka akan menjadi kering. Hidrasi bisa kita dapatkan dari air yang kita minum dan dari water-based skincare yang kita aplikasikan ke kulit. Sedangkan untuk kelembapan dari minyak, dapat diproduksi sendiri oleh kulit kita. Karena minyak dapat diproduksi sendiri, maka ketika kulit merasa dehidrasi, dia akan memproduksi minyak semakin banyak untuk melembabkan walaupun sebenarnya yang dibutuhkan adalah kelembapan dari air bukan dari minyak. Orang yang memiliki kulit berminyak, cenderung justru menggunakan produk yang menghilangkan kelembapan kulitnya. Padahal dengan kadar air dan minyak yang seimbang, maka kulit akan dengan sendirinya mengontrol produksi sebum.

Walaupun kulit kamu berminyak, jangan skip moisturizer/pelembab ya. Kita tetap harus menjaga kelembapan kulit agar minyak yang dikeluarkan kulit tidak berlebihan. Kamu bisa pakai moisturizer yang ringan, water-based, dan tidak menyumbat pori, kalau kamu cukup rajin bisa pakai hydrating toner terlebih dahulu sebelum pakai moisturizer agar hidrasinya lebih maksimal.

Produk yang aku saranin, mudah ditemukan di toko offline maupun online:

- Hydrating Toner

Hada Labo Gokujyun Light Moisturizing Lotion

Wardah Primary Skin Hydrating Booster

- Moisturizer

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Milk

Elshe Skin Hydrating Moisturizing Cream

3. Acne Spot

Yang paling penting, yaitu acne spot treatment. Ada banyak banget produk yang bisa kamu pakai untuk mengobati jerawat langsung pada titiknya, yang penting harus mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Perbedaan yang paling besar dari kedua acne-fighting ingredients tersebut ialah benzoyl peroxide mengandung anti-bacterial sedangkan salicylic acid tidak. Benzoyl peroxide bekerja dengan cara mematikan bakteri penyebab jerawat sedangkan salicylic acid bekerja dengan cara melarutkan sel kulit mati yang menyumbat di pori-pori sebagai penyebab jerawat. Setiap orang beda-beda, tapi kalau aku pribadi lebih suka acne spot yang mengandung salicylic acid karena cenderung lebih ringan di kulit dibandingkan dengan benzoyl peroxide. Walaupun tetap aja keduanya sama-sama berpotensi mengiritasi kulit jika dipakai berlebihan dan terus-menerus.

Produk yang aku saranin, mudah ditemukan di toko offline maupun online:

Emina Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel

4. Protecting

Terakhir, jangan lupa untuk melindungi kulit kamu dari sinar UV! Selalu gunakan sunscreen minimal SPF 30 setiap hari, baik itu di rumah maupun di luar rumah agar jerawat kamu tidak bertambah parah.

Pakai sunscreen yang water based agar tidak membuat kulit kamu semakin berminyak.

Produk yang aku saranin, mudah ditemukan di toko offline maupun online:

Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

Perlu diingat, jaga makanan; perbanyak buah dan sayur, kurangi makanan berminyak dan tetap happy! Jangan stress, karena jerawat semakin dipikirin semakin menjadi. Aku selalu langganan jerawat karena memang kulit aku yang gampang banget berjerawat, tapi berdasarkan pengalaman aku, mau skincare semahal apapun, kalau aku stress jerawat akan tetap muncul dan bahkan bertambah parah. Kuncinya adalah di pikiran kita, tetap semangat dan selalu positive thinking. Jerawat akan hilang, soon or later, this too shall pass!

(Baca juga: Skincare 101 - What's My Skin Type? (Cara Mengetahui Tipe Kulit Wajah))

Produk yang aku saranin di atas adalah produk yang berhasil di aku, dan produk-produk itu juga mudah kamu temui di toko offline maupun online dengan harga yang sangat terjangkau. Jangan langsung beli produk mahal ya, karena kalau sudah terlanjur beli produk mahal dan ternyata nggak berhasil di kamu, akan sayang banget uangnya. Oh ya, kalau kamu belanja di Sociolla bisa pakai kode promo SBN043D6F saat checkout untuk mendapatkan potongan Rp50.000 (minimal pembelian Rp250.000, non-sale products). Okay, itu aja pembahasan kali ini, semoga berguna:)

#AcneSkincare

KODE VOUCHER

BLOG VISIT

©2018 - 2020 by Gaby

gabyybombang@gmail.com, Indonesia

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now